BACK TO THE TOP

PENGERTIAN ADIWIYATA

Program adiwiyata merupakan implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup pada sekolah dasar dan menengah yang berupaya membangun karakter. Sehingga sekolah penerima adiwiyata adalah sekolah SD, SMP, dan SMA yang dinilai peduli dan berbudaya lingkungan, yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Penghargaan adiwiyata terdiri atas dua macam. Yang pertama adalah Sekolah Adiwiyata Mandiri, yaitu sekolah yang menunjukkan peningkatan kinerja selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Sedangkan yang kedua adalah penghargaan Sekolah Adiwiyata, yakni sekolah yang baru tahun ini mendapatkan adiwiyata.


Penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri dilakukan oleh Presiden RI di Istana Negara, sedangkan penghargaan Sekolah Adiwiyata diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup.
Upaya Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan jumlah sekolah yang berpartisipasi dalam Program Adiwiyata terus dilakukan. Hal ini direspon positif oleh SMPN 1 Tulungagung dengan menyediakan waktu dan tempat Sosialisasi Program Adiwiyata.
Sosialisasi dihadiri kepala sekolah dan para guru SMPN 1 Tulungagung, pada hari Sabtu, 28 Mei 2011 dengan narasumber dari Badan Lingkungan Hidup. Dengan kegiatan ini diharapkan para guru memahami maksud dari Program Adiwiyata yaitu, mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Dijelaskan oleh narasumber untuk mencermati indikator-indikator yang ada yaitu: Indikator Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan; Indikator Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan; Indikator Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif; dan Indikator Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah. Sarana untuk selanjutnya bersama para siswa mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.
Inti dari kegiatan Adiwiyata adalah proses membentuk karakter mengubah perilaku dan sikap sejak dini tentang nilai-nilai lingkungan, yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan. Mendorong terciptanya kesadaran lingkungan


sumber:
http://samaihanaarea.blogspot.com/2013/09/adiwiyata.html

0 komentar:

Post a Comment