BACK TO THE TOP

Timothy Doner : Remaja 17 Tahun menguasai 23 Bahasa

Ingin bisa bicara cas cis cus dalam berbagai bahasa? Kamu bisa mencontoh semangat Timothy Doner, remaja 17 tahun asal New York ini.

Berkat kemauan besar belajar bahasa dan mempraktekkannya dengan berbicara bahasa itu pada orang lain, ia kini sudah bisa berbicara dalam 23 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.


Kesukaan Doner mempelajari bahasa dimulai tahun 2009 setelah ia menyelesaikan pelajaran bahasa Ibrani dasar. Doner yang sehari-hari berbicara dalam bahasa Inggris, ternyata sangat menikmati pelajaran bahasa asing itu, sehingga ia tertarik mempelajari bahasa Ibrani moderen.

Setelah itu, ia tertarik belajar bahasa Arab. Ternyata dalam waktu 4 hari, Doner sudah hafal huruf-huruf Arab, dan pada minggu berikutnya ia sudah lancar membaca tulisan Arab.

Setelah itu, tak ada yang bisa menghentikannya. Doner, secara otodidak  (belajar sendiri) belajar puluhan bahasa lain melalui buku-buku tata bahasa dan aplikasi bahasa pada iPhonenya. Semangat Doner mempelajari banyak bahasa semakin kuat, setelah ia melihat video Youtube yang menampilkan Richard Simcott yang fasih berbicara dalam 16  bahasa.

Kini, selain fasih berbicara dalam bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, dan Latin; Doner juga cukup fasih berbicara dalam bahasa Rusia, Persia, Hausa, Italia, Indonesia, India, Ojibwe, Pashto, Turki, Kurdi, Yiddish, Belanda, Kroasia, Spanyol, Jerman, dan lainnya.

Bagaimana cara Doner mempelajari bahasa asing dengan cepat? Kata Doner, sih, belajarnya seperti kalau kita belajar mata pelajaran sekolah. Artinya, kita harus menyediakan waktu khusus dan konsisten untuk mempelajari bahasa tersebut. Contohnya, untuk belajar bahasa Indonesia, setiap hari ia membaca buku-buku bahasa Indonesia di perpustakaan universitas.

Selain belajar bahasa dengan menggunakan buku-buku tata bahasa dan aplikasi online, Doner juga aktif membaca koran secara online dan berkomunikasi dengan orang-orang yang berbicara bahasa itu atau ngobrol di chat room  internet. Berkomunikasi lewat email, juga berbicara dengan kenalan di luar negeri lewat Skype.

Oya, tahukah kamu, orang seperti Timoty Doner yang memiliki kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa ini sering disebut polyglot?

Semangat dan prestasi Doner mesti kita tiru. Mulai sekarang, yuk, kita mulai belajar bahasa asing, seperti Doner!

Sumber:  http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Sahabat-Nesi/Bagaimana-Timothy-Doner-Menguasai-23-Bahasa

0 komentar:

Post a Comment