BACK TO THE TOP

Perawatan Karang Gigi Pada Orang Dewasa

Karang Gigi Pada Orang Dewasa : Perawatan Karang Gigi Pada Orang Dewasa
Penampilan seseorang tidak hanya dilihat dari fisik luar saja, misalnya dari cara berpakaian, mengenakan sepatu,dan sebagainya. Tetapi penampilan dari dalam juga sangat perlu diperhatikan sebagai penunjang penampilan fisik dari luar. Yaitu ketika kita tersenyum. Akan lebih menyenangkan dan percaya diri, apabila gigi yang nampak terlihat bersih, putih dan sehat. Gigi yang sehat adalah gigi yang terbebas dari karang gigi. Karang gigi ini biasanya terjadi pada gigi orang dewasa.


Apa sih karang gigi itu? Istilah kedokterannya adalah kalkulus (setelah di indonesiakan). Karang gigi sebenarnya adalah endapan mineral, yang terjadi karena sisa makanan yang menempel pada plak yang terdapat pada enamel mahkota gigi yang tidak terbersihkan dengan baik. Di dalam mulut kita, terdapat kurang lebih 350 jenis kuman, baik dan tidak baik. Kuman yang tidak baik, “mengolah” sisa makanan yang ada, dengan bantuan air liur, dan mengubah konsistensi lapisan “lembut” plak menjadi keras. Biasanya karang gigi berwarna kuning keputihan, tetapi pada orang yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kopi yang terlalu banyak, warnanya bisa berubah menjadi kuning lebih kecoklatan.
Perawatan Karang Gigi Pada Orang Dewasa
Perawatan terhadap karang gigi orang dewasa tidak bisa dilakukan secara sendiri di rumah. Karena karang gigi terbentuk pada daerah yang “sulit” dibersihkan, yaitu daerah di antara gigi, leher gigi dekat gusi dan pada daerah di mana terdapat gigi bertumpuk. Oleh sebab itu anda harus mengunjungi dokter gigi. Alat perawatan karang gigi, adalah scaler dan nama perawatan karang gigi disebut dengan skaling. Yaitu penghilangan jaringan penyakit seperti kalkulus dan lainnya. Alat scaler tersebut ada 3 macam, antara lain :
- manual
- supersonik
- ultrasonik
Alat ini lebih populer saat ini karena lebih cepat, mudah, dan meminimalisasi rasa nyeri saat pembersihan karang gigi pada orang dewasa. Apabila anda ingin merawat gigi agar terhindar dari karang gigi, bisa mencoba saran sebagai berikut :
- Membersihkan dengan sikat gigi menggunakan teknik dan frekuensi yang tepat
- Menggunakan dental floss (benang gigi) untuk pembersihan mekanis tambahan bagi gigi-gigi yang berjejal, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.
- Menggunakan obat kumur sebagai antibakteri bagi rongga mulut (penggunaan dan dosisnya dapat dilihat pada petunjuk kemasan obat kumur)
- Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin c (misalnya buah kiwi dan stroberi) untuk menjaga kesehatan gusi.
- Mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung serat untuk pembersihan gigi secara alami
- Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan kurangi kebiasaan minum teh atau kopi.
- Melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter gigi secara rutin (biasanya 6 bulan sekali, tetapi setiap individu berbeda-beda kebutuhannya).

0 komentar:

Post a Comment