BACK TO THE TOP

Pentingnya Berbahasa Indonesia

Sebagai orang Indonesia, sudah sepantasnya kita menggunakan bahasa Indonesia dan menyadari seberapa pentingnya kita berbahasa Indonesia. Sekolah saya saat ini, mengajarkan kepada kita betapa pentingnya pelajaran itu. Kita belajar bukan hanya untuk meningkatkan nilai kita pada saat kita menerima rapor kenaikan kelas, tetapi kita belajar karena semua pengetahuan yang kita dapat sekarang ini dari semua pelajaran berguna untuk kehidupan kita di masa depan.
Banyak orang meremehkan Bahasa Indonesia, tetapi saya menyadari justru salah satu sikap patriotisme yang bisa kita tunjukkan kepada Bangsa Indonesia adalah dengan berbahasa Indonesia.

Salah satu visi sekolah saya adalah melihat siswa dan siswinya nanti untuk menjadi ketua dan pemimpin-pemimpin yang hebat di masa depan. Bagaimana kita bisa menjadi seorang pemimpin Indonesia yang kuat apabila pemimpinnya sendiri tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar? Ini sangat memalukan. Sebagai orang Indonesia, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah salah satu kewajiban kita.

Saya tidak mengatakan bahwa berbahasa Inggris itu salah, berbahasa Inggris itu baik sekali karena ini juga memudahkan kita untuk berbicara dengan orang asing karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, tetapi janganlah kita sebagai orang Indonesia lebih fasih berbahasa inggris daripada berbahasa bahasa negerinya sendiri. Kita boleh-boleh saja berbahasa Inggris karena ini adalah suatu prestasi yang bagus, tetapi jangan sampai kita lupa dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah satu bahasa yang bisa membuat seluruh pulau-pulau di seluruh Indonesia menjadi satu. Bangsa Indonesia memiliki banyak sekali dialek dan bahasa lain, tetapi Bahasa Indonesialah yang menyatukan bangsa Indonesia.

Salah satu teman ibu saya, sejak kecil tidak bisa berbahasa Indonesia, padahal kedua orang tua dari anak ini orang Indonesia. Anak ini tidak bisa berbahasa Indonesia karena sejak kecil dibiasakan untuk berbahasa Inggris dan bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris, sehingga kemampuan dia untuk mengucapkan bahasa Inggris sangat baik tetapi kemampuan dia untuk berbahasa Indonesia sangat buruk. Sampai sekarang, dia harus pergi les Bahasa Indonesia. Buat saya, ini adalah salah satu tindakan yang meremehkan bahasa Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris memiliki kumpulan kata yang sangat kaya dibandingkan bahasa Indonesia, tetapi bukan karena itu, kita langsung tidak mau berbahasa Indonesia.

Berbahasa Indonesia adalah kewajiban setiap orang Indonesia. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah salah satu sikap patriotisme kita untuk bangsa ini. Adalah tugas kita untuk menggunakan bahasa Indonesia, ini adalah bahasa yang diperjuangkan oleh para pahlawan kita dan jangan sampai kita meremehkan jasa para pahlawan kita.

Sumber: http://ujiannurul.storyline.web.id/?p=137

0 komentar:

Post a Comment